Follow blog

Monday 13 January 2020

Menara Siger Ikon Provinsi Lampung dan Simbol Keagungan Wanita Lampung

Menara Siger Lampung
Kali ini saya mengunjungi salah satu tempat wisata yang benar-benar sudah tidak asing lagi karena tempat wisata ini adalah ikon Provinsi Lampung yaitu Menara Siger, yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat lampung sendiri, selain menjadi ikon atau landmark dari Provinsi Lampung yang menjadi pintu gerbang Pulau Jawa dan Sumatera. Menara Siger juga adalah titik 0 kilometer Pulau Sumatera dan terletak di atas perbukitan dengan ketinggian 110 meter, Menara siger ini beralamatkan di Jalan Lintas Sumatra, Bakauheni, Kab. Lampung Selatan. Menara ini diberi nama Menara Siger karena sesuai dengan mahkota wanita lampung, yaitu Siger. 
Saya akan sedikit menjelaskan apa itu siger. Siger adalah topi atau mahkota wanita lampung yang terdiri dari 9 rangkaian yang melambangkan bahwa aada 9 macam bahasa yang ada di Lampung. Tentunya saya sebagai wanita lampung, lahir bahkan besar dilampung saya pun bangga dengan mahkota yang satu ini, selain itu bentuk dan warnanya pun begitu indah. Siger ini sering digunakan untuk acara adat, pernikahan dan acara lainnya. Menara Siger benar-benar memiliki konsep yang mengusung ciri khas Lampung dimana bangunannya bercorak tapis khas lampung. 
Kali ini perjalanan saya cukup jauh karena Menara Siger ini berada diluar Kota Bandar Lampung sehingga perjalanan saya memakan waktu kurang lebih 2 jam, sesampainya saya disana saya langsung menuju pintu masuk menara siger ini dan dikenakan biaya sebesar 5k. Menara Siger ini memiliki 6 lantai, dibagian depan dari menara ini juga disediakan tempat bersantai dan dibagian dalam menara siger ini ada hiasan-hiasan tentang wisata lampung, aquarium serta toko souvenir yang menyediakan souvenir khas dari lampung, dan tak perlu khawatir meskipun menara siger ini berada di tempat yang rawan gempa namun menara ini dibangun dengan teknik ferrocement sehingga tahan terhadap gempa maupun terpaan angin.
Kebetulan saya ingin langsung menuju puncak dari menara siger ini karena saya ingin melihat pemandangan yang benar-benar indah dari atas sana. Saya pun menaiki anak tangga perlahan-lahan dan ini cukup melelahkan karena untuk mencapai puncaknya saya harus melewati 6 lantai. 
Atap Menara Siger
Setelah sesampainya dilantai 6 saya pun menoleh keatas dan ternyata benar saya sudah sampai di puncaknya menara siger, saya pun merasa begitu bahagia dan bisa sedikit beristirahat dengan melihat pemandangan-pemandangan yang indah dari atas menara ini.

   

Dari menara siger ini saya bisa langsung melihat pemandangan laut sekaligus pelabuhan bakauheni yang begitu indah yang dapat saya lihat secara langsung dari menara siger ini. Hamparan laut yang begitu indah, pepohonan yang begitu hijau hingga angin yang begitu segar. Saya cukup menikmati pemandangan-pemandangan ini saat saya berada dipuncak menara siger ini dan saya pun cukup berlama-lama berada disini untuk terus memandangi pemandangan yang indah ini. Setelah beberapa saat pun saya harus kembali kerumah karena sudah sore, sayapun kembali menuruni anak tangga yang cukup panjang ini. Ini sedikit melelahkan namun rasa lelah ini benar-benar terbayar oleh pemandangan indah yang saya dapatkan diatas menara siger tadi. Buat kamu yang penasaran dengan menara siger ini, yuk segera kunjungi tempat wisata yang satu ini!

Traveler's Note:
- Tiket Masuk  : 5k/orang

PS: Buat kamu yang suka nonton video-video mukbang yang unik dan seru, yuk subcribe channel youtube adik saya Popo Angelica.

No comments: