Follow blog

Sunday 9 April 2017

Etika menjadi tourguide

Assalamualaikum wr.wb 
Hello guys. Disini saya akan berbagi pengetahuan tentang etika menjadi tour guide.

Apa itu tour guide?
Mungkin masih banyak yang belum tau apa itu tour guide.
Tour guide adalah seseorang pemandu wisata yang bekerja dari suatu travel agent dimana saat berpergian ke suatu kota, atau luar negeri kamu harus membawa tour guide lokal dari kota tersebut untuk memberi tahu tentang perjalanan kalian agar kalian mengetahui tentang daerah tersebut. So you don't have to worry when go to somewhere.

- Materi yang harus diketahui oleh seorang tourguide 
Dalam melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai guide, seorang yang berprofesi sebagai guide harus menguasai berbagai hal yang berhubungan dengan profesi yang ditekuni. Berikut ini merupakan beberapa materi yang harus dikuasai oleh seorang yang berprofesi sebagai guide

1. Harus menguasai bahasa asing 
Mengapa seorang guide harus menguasai bahasa asing ? 
Yap,seorang guide harus menguasai bahasa asing karena sebagai pemandu wisata ia tak hanya menjadi pemandu wisata orang indonesia saja, karena guide bisa saja menjadi tour guide wisatawan asing dan seorang guide harus menguasai bahasa asing especially Bahasa Inggris, karena dengan kemampuan ini kita akan mudah dalam menjelaskan objek wisata kepada wisatawan tersebut dan dapat membuat suasana menjadi lebih hidup saat berinteraksi dengan wisatawan tersebut.

2. Mengetahui objek wisata 
Apakah ini penting ?
Banyak pertanyaan seperti ini yang saya dengar . 
Dan ini adalah part yang paling penting saat kamu menjadi guide , kamu harus banyak mengetahui objek wisata di indonesia maupun di luar negeri. Terutama kamu harus memahami segala hal tentang objek wisata yang akan kamu kunjungi bersama wisatawan yang kamu bawa. Kamu harus menceritakan tentang sejarah, mitos, cerita rakyat bahkan apa saja yang dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan di objek wisata tersebut.

3. Sejarah Indonesia
Saat kamu melakukan perjalanan jangan lupa untuk memberi tahu kepada wisatawan tentang sejarah Indonesia dan jangan lupa memberi informasi tentang keadaan geografis, ekonomi , budaya dan mata uang Indonesia . Kita juga dapat menyisipkan tentang tarian tradisional indonesia dan juga pakaian adat di Indonesia. Karena wisatawan akan lebih tertarik saat mendengarnya. Dan jangan lupa untuk memberi informasi tentang sejarah objek wisata yang akan kamu kunjungi yaa.

4. Etika menjadi tourguide
Saat menjadi seorang tour guide, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai etika dalam menjadi tourguide . Hal-hal yang harus diperhatikan tersebut adalah :
a. Berpakaian sopan 
b. Teknik berbicara kepada wisatawan 
c. Memakai identity card 
d. Bersikap sopan dan tidak malas-malasan
e. Berbicara dengan jelas
f.  Memiliki arah tujuan wacana (percakapan)
g. Menggunakan kalimat yang sederhana namun jelas dalam memberikan paparan tentang suatu objek wisata.
h.    Sisipkan humor (tidak menyinggung ras, suku, agama atau individu tertentu)
•    Budaya wisatawan
Ini adalah salah satu bagian terpenting dalam etika menjadi tourguide . Seorang guide harus mengetahui karakter dari tiap wisatawan sehingga memudahkan bagaimana seorang
Tour guide untuk harus bersikap karena Negara asal wisatawan akan mempengaruhi budaya dan kebiasaan dari wisatawan tersebut. Budaya wisatawan dari amerika dan eropa akan berbeda bila dibandingkan dengan budaya wisatawan dari Jepang, Korea, dan China. Wisatawan Amerika dan Eropa akan cenderung lebih bebas dalam berpakaian dan tidak memiliki kendala bila mengunjungi tempat-tempat wisata dengan pakaian minim dan cenderung memilih tempat wisata pantai dan alam. Sedangkan wisatawan Jepang, Korea, dan China cenderung berpakaian sopan dan tertutup dan mengunjungi lokasi objek wisata yang kental akan budaya dari suatu daerah.
•    Pengetahuan tentang kuliner 
Seorang Guide hendaknya mengetahui makanan-makanan khas dari daerah tersebut. Setiap daerah akan memiliki makanan khas dan kebanyakan wisatawan tertarik untuk mencoba extreme kuliner atau hanya sekedar makanan tradisional setempat yang belum pernah dicicipi oleh wisatawan.
•    Jadwal pesawat
Seorang guide harus mengetahui tentang jadwal pesawat landing dan take off . Sehingga guide dapat memperkirakan dan membuat rencana kegiatan wisata.

Okay guys. That's all about ethics be a tourguide . See you on my next post . I hope this article will help you to know about the ethics how to be a good tourguide.
Wassalamualakum wr.wb 

No comments: