Follow blog

Wednesday 15 January 2020

Cara Mudah Ngeteng dari Lampung ke Jakarta, Dijamin Murah!

Kali ini saya melakukan perjalanan ke jakarta dari bandar lampung dengan cara ngeteng dan saat ini saya mau berbagi informasi bagaimana cara saya ngeteng dari bandar lampung menuju jakarta sekaligus beberapa tips buat kamu yang pertama kali ngeteng agar bisa lebih antisipasi. Buat kamu yang mau ngeteng dari bandar lampung ke jakarta jangan pernah takut karena ini sangatlah mudah sekali, kalau kamu tidak mencoba nya sekarang lalu kapan lagi?. Saya berangkat ke jakarta kali ini backpackeran agar tidak ribet diperjalanan karena kali ini saya harus ngeteng dan tidak mau begitu ribet diperjalanan. Saya berangkat sekitar jam setengah 9 pagi menuju terminal rajabasa sekitar 15 menit perjalanan menuju terminal rajabasa akhirnya saya sampai saya di terminal rajabasa sayapun langsung mencari bus dengan tujuan bakauheni. Buat kamu yang masih bingung buat cari busnya. Busnya berada di sebelah kanan dari pintu masuk terminal rajabasa atau kamu bisa tanya ke petugas bus atau kernetnya namun kamu tidak usah bingung karena kernet dirajabasa biasanya akan menawarinya dan juga berteriak "Bakau, Bakau" yang artinya mobil bus tersebut tujuannya ke bakauheni.
Setelah saya mendapatkan bus tujuan bakauheni saya langsung naik dan mencari tempat duduk yang kosong.  Saya duduk dibangku nomor 2 dari belakang, setelah beberapa saat menunggu didalam bus akhirnya bus nya pun berangkat, keberangkatan ini melalui jalan Soekarno Hatta memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan karena busnya sering berhenti untuk mengambil penumpang dijalan dan ketika diperjalanan pun banyak sekali tukang asongan yang naik turun secara bergantian, oh ya tarif ongkosnya hanya 30k/orang ya. Untungnya jalan menuju bakauheni ini sudah bagus tidak ada jalan yang rusak parah seperti waktu itu sehingga tetap membuat perjalanan pun nyaman, sekitar jam 12 siang akhirnya bus yang saya naiki sampai di pelabuhan bakauheni. Saya dan penumpang lainnya dituruni di pintu masuk/pintu penurunan khusus orang yang naik bus.
Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Bakauheni
Baiklah, setelah saya turun dari bus saya pun menuju loket tiket untuk top up Brizzi saya karena memang transaksi pembayarannya hanya mengunakan kartu Brizzi. Kebetulan saya kali ini naik kapal eksekutif karena ingin sampai lebih cepat di pelabuhan merak, sehingga saya harus top up 52k, karena tiket kapal eksekutif 50k/orang dan 2k nya dikenakan biaya admin. Untuk menuju Dermaga Eksekutif atau Dermaga 6 ini saya harus menaiki suttle bus yang disediakan dari pelabuhan ini sebagai fasilitas penumpang dan membeli tiketnya di Dermaga 6.

Fasilitas di Kapal Eksekutif
Keuntungan naik kapal eksekutif ini adalah kapal eksekutif ini hanya menempuh 1 jam perjalanan dari pelabuhan bakauheni ke pelabuhan merak lebih cepat dari pada kapal yang reguler yang biasa menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan, kapal eksekutif ini juga memberian fasilitas yang lebih baik dari pada kapal reguler, tempatnya begitu nyaman, bersih, tempat pejalan kakinya pun begitu bagus seperti di pesawat dan tidak perlu membayar biaya sewa fasilitasnya lagi dan bisa beristirahat dimana saja tanpa takut disuruh bayar sewa dan menurut saya ini sangat efektif bahkan efesien dan tidak membuang-buang waktu namun buat kamu yang mau lebih irit lagi kamu bisa menggunakan kapal reguler karena hanya terkena biaya 15k/orang dengan perjalanan kurang lebih 3 jam tetapi kamu harus berjalan cukup jauh untuk sampai di dermaga tujuan kamu, menaiki JPO/jembatan penyebrangan orang yang cukup panjang.

Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak
Tak terasa sudah 1 jam saya berada di kapal eksekutif ini dan kapal pun sudah tiba ditujuan yaitu pelabuhan merak, setelah kapal bersandar saya pun keluar menuju lobby dermaga eksekutif di pelabuhan merak untuk beristirahat sejenak. Didermaga esksekutif pelabuhan merak ini cukup banyak restoran dan ada pula indomart sehingga memudahkan pengunjung untuk membeli makanan, snack bahkan kebutuhan lainnya, selain itu dermaga ini menyediakan mushola, toilet, lift serta eskalator untuk memudahkan pengunjung. Saya pun akhirnya menuju pintu keluar dan menuju terminal yang berada tepat disamping dermaga eksekutif pelabuhan merak ini, di terminal ini kamu bisa memilih bus sesuai tujuan kamu dan dermaganya sesuai dengan tujuan kamu, karena disini ada tujuan ke terminal kampung rambutan, pulogadung, kalideres dan karena kali ini tujuan saya ke jakarta barat jadi saya naik bus tujuan terminal kalideres dengan bus arimbi. Saya menunggu sekitar 15 menit karena mobilnya belum terisi penumpangnya, kali ini perjalanan cukup lama karena dari setengah 4 sore saya sampai di terminal kalideres jam 9 malam karena bus banyak berhenti dan ngetem diperjalanan.

Sedikit tips dari saya jika kamu mau ngeteng dari Lampung ke Jakarta
- Jangan terlalu banyak membawa barang, bawa barang secukupnya sangat disarankan untuk backpackeran saja agar kamu tidak ribet diperjalanan karena perjalanan dengan ngeteng ini kamu akan banyak jalan kakinya sehingga kalau backapackeran akan lebih memudahkan kamu.
- Top-up brizzi sesuai kebutuhan atau dilebihkan lebih baik. Kamu bisa Top-up Brizzi di konter pelabuhan, Bri link, Atm Bri, Alfamart, Indomart atau Tokopedia.
- Membuat rencana perjalanan jadi kamu tidak begitu bingung mau kemana tujuannya saat mencari bus di terminal merak.
- Pakailah sepatu agar memudahkan kamu untuk berjalan dan tidak membuat ribet perjalanan kamu.
- Bawalah snack/minum mu agar tidak kelaparan atau kehausan saat diperjalanan karena tidak tau perjalanan akan lancar atau macet setidaknya untuk mengantisipasi dan yang terpenting adalah jangan pernah takut untuk mencoba perjalanan mu sendiri atau dengan cara ngeteng ini karena ini begitu mudah, jika kamu tidak tahu kamu jangan malu untuk bertanya.
- Pilihlah kapal yang menurut kamu nyaman atau sesuaikan dengan budget kamu. Kalau saya sangat menyarankan naik kapal eksekutif karena tidak hanya perjalanannya cepat namun fasilitas yang didapat juga sesuai dengan tarif nya.

Traveler's Note:

- Bus dari terminal rajabasa ke pelabuhan bakauheni : 30k/orang
- Tiket kapal eksekutif                                                 : 50k/orang
- Bus dari terminal merak ke terminal kalideres         : 25k/orang
- Tiket kapal reguler                                                    : 15/orang

PS: Buat kamu yang suka nonton video mukbang yang unik dan seru, yuk subscribe channel youtube adik saya Popo Angelica