Follow blog

Thursday 9 January 2020

Monas Menjadi Salah Satu Daya Tarik Wisatawan

Monumen Nasional
Katanya belum lengkap rasanya jika berkunjung ke jakarta belum ke monumen nasional atau yang lebih dikenal monas, Monas sudah sangat dikenal dengan ikon kota Jakarta dan Indonesia. Monas sendiri memiliki tinggi 132 meter atau 433 kaki, Monas dibangun pada tahun 1961 dan uniknya diatas monas tersebut dibuat menggunakan emas, monas dibangun untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dan bangsa indonesia saat merebut kemerdekaan. Monas beralamatkan di Gambir, Jakarta Pusat. Sebenarnya ini bukan kunjungan saya ke monas yang pertama kali namun saat ini saya ke monas untuk jogging disore hari. Saya pun segera siap-siap pada jam 3 sore untuk berangkat menuju monas. Saya pun berangkat menuju monas menggunakan KRL dari stasiun Jakarta Kota sampai stasiun Juanda, jarak stasiun Juanda ke Monas pun tidak jauh hanya kurang lebih 1,7  km dan saya pun mengorder gojek agar cepat sampai ditujuan. Saya pun memasuki monas dan saat itu memang benar-benar matahari sedang terik sekali seperti berada tepat diatas kepala saya. Monas pun sudah terlihat begitu ramai pengunjungnya ada yang jogging, berlibur bahkan sekedar berfoto-foto.

Saya pun terus melangkahkan kaki saya sembari melihat kesana kemari, meskipun saya kesini sendirian namun hal itu tidak membuat semangat saya untuk jogging jadi berkurang. Saya pun berlari-lari kecil untuk pemanasan, Sesekali saya berhenti dan beristirahat di pelataran atau pinggiran monas yang terlihat begitu indah dengan rumput-rumput yang terawat. Setelah istirahat beberapa saat dan minum air mineral secukupnya saya pun melanjutkan jogging saya tadi sambil mendengarkan musik namun sayangnya baterai hp saya lowbet sehingga selanjutnya saya tidak menggunakan hp lagi dan sambil jogging saya pun berfikiran untuk memasuki monas, dan akhirnya saya bergegas untuk membeli tiketnya yang berada didekat halte tugu monas yang terletak disebelah utara. Ada dua jenis harga tiket untuk memasuki monas yaitu cawan dan puncak. Cawan meliputi museum, ruang kemerdekaan dan cawan dan harga tiket masuknya pun sangatlah murah. Untuk masuk ke sini harus menggunakan kartu Jakcard. Setelah mengantri beberapa untuk e-ticketingnya saya mengantri lagi untuk naik lift nya ke puncak monas, untung saja pengunjungnya tidak begitu ramai sehingga saya bisa sedikit lebih cepat dari pada sebelumnya. Setelah masuk liftnya ada seorang petugas lift yang berada didalamnya dan pilihannya hanya ada tiga yaitu dasar, cawan dan puncak. Petugas lift pun menekan tombol puncak dan akhirnya saya dan para pengunjung lainnya melesat ke puncak. Sesampainya saya dipuncak saya bisa langsung melihat pemandagan yang indah dari puncak monas, sebenarnya ini akan lebih bagus lagi jika malam hari dan dibantu oleh lampu-lampu yang berwarna-warni. Pada saat diatas puncak pun saya tidak bisa mengabadikan momen tersebut dikarenakan hp saya yang sudah kosong baterainya tetapi paling tidak saya masih bisa menikmati pemandangan dan udara yang segar dari puncak monas namun ya bisa membuat masuk angin juga jika berlama-lama terkena angin yang cukup kuat seperti ini, saya sedikit memperhatikan saat berada diatas puncak monas karena begitu sangat ramai pengunjung dan yang terdengar oleh saya pengujung lain menggunakan bahasa-bahasa daerah yang mungkin mereka sedang berliburan juga disini, tak hanya wisatawan lokal saja namun saya juga melihat ada beberapa wisatawan luar negeri sedang berada di puncak monas ini.

Saat itu jam sudah menunjukkan pukul 19.00 malam, saya pun berinisiatif untuk kembali ke penginapan lebih awal karena takut berdesak-desakan dengan penumpang lainnya dikereta. Saya pun bergegas untuk turun menggunakan lift lagi dan lagi lagi saya harus mengantri karena begitu banyak pengunjung yang hendak turun juga.

Pengalaman berada di puncak monas ini adalah pengalaman yang begitu sedikit menegangkan karena saya sedikit takut akan ketinggian namun saya dengan nekat nya memasuki dan menaiki puncak monas ini tetapi tidak apa-apa dengan begitu rasa kekhawatiran saya dan ketakutan saya selama ini terhadap ketinggian terbayar dengan pemandangan indah yang bisa saya saksikan secara langsung dan tak berhenti-hentinya bersyukur.